Selasa, 03 Januari 2023

HARI RAYA EPIFANI?

 APAKAH HARI RAYA EPIFANI ITU?
Halo para Sahabat Misdinar terkasih,
Apa kabar kalian hari ini? Sehat kan, nah tentunya dong.
Kali ini saya akan bersharing sedikit tentang apa yang akan kita peringati sebagai hari Raya Epifani tersebut.
Pertama-tama, saya mau bertanya, "Ada yang tahukah, apa arti dari Epifani itu?"
Kita langsung bahas aja di sini ya;
Hari Raya Epifani, itu sudah ada sejak abad ke dua pada waktu itu. Lalu apa yang dirayakan, Hari Raya Epifani adalah hari yang digunakan umat pada waktu itu untuk memperingati kedatangan Tuhan, atau bisa disebut dengan Pewahyuan. Seiring perkembangan waktu, peristiwa ini juga dikaitkan dengan peristiwa khusus dimana pada waktu itu juga bersamaan dengan peristiwa Pembaptisan Tuhan Yesus di SUngai Yordan, yang selalu diperingati pada setiap tanggal 6 Januari. 
Dalam gereja Katolik, Hari Raya Epifani juga diartikan sebagai Hari Raya Penampakan Tuhan, yang diperingati setiap tanggal 6 Januari, namun Hari Raya Penampakan Tuhan tersebut tetap dirayakan pada hari minggu yang bersangkutan, oleh karena itu jika tanggal 6 tidak jatuh pada hari Minggu, maka hari Raya penampakan Tuhan dapat dirayakan antara tanggal 2 - 8 Januari agar waktunya jatuh pada hari minggu. Jika Hari Raya Penampakan Tuhan jatuh pada Minggu, 08 Januari maka Pesta Pembaptisan Tuhan dirayakan pada hari Senin setelahnya. yang biasa kita peringati di setiap tanggal 09 Januari. 

Maka untuk menyambut kedatangan Tuhan tersebut, umat pada waktu itu berdasarkan tradisi yang telah diawali oleh Sang Raja dari Timur (Orang Majus), yang mempersembahkan berikut: EMAS, KEMENYAN DAN MUR. Apakah mereka itu dan apa tujuan mereka mempersembahkan barang-barang tersebut?
Emas, melambangkan Logam yang sangat berharga dan mulia, maka mereka rela mempersembahkan benda tersebut untuk menyambut kedatangan Tuhan. 
Kemenyan, melambangkan Imamat Kristus yang datang ke dunia untuk mempersembahkan hidup-Nya bagi kemuliaan Bapa di surga.
Mur, melambangkan harumnya persembahan yang berasal dari getah pohon Mor, yang jika dibakar akan menimbulkan bau yang sangat harum luar biasa, sebagai wujud persembahan untuk menerima kehadiran Tuhan. Hal ini juga untuk mengingatkan kembali pada kita bahwa pada waktu Yesus meninggal/ wafat juga diurapi dengan minyak dan Mur yang sangat wangi. 
Nah, para Sahabat Misdinar terkasih, jadi sekarang kalian juga tahu kan kalau Hari Raya Epifani itu hingga saat ini kita merayakannya, yang pada saat ini akan lebih dikenal dengan Hari Raya Penampakan Tuhan. 

Kalau begitu, Minggu ini, 08 Januari 2023 kita akan merayakan hari Epifani dong. Iya kan?
Nah, siap-siap nih. Siapa yang akan bertugas?
Tentunya Misa hari Minggu ini untuk merayakan hari Raya Epifani (Penampakan) Tuhan Misdinar akan memakai Wiruk dan Dupa. 

Mengapa harus memakai Wiruk dan Dupa? (Boleh berkomentar di kolom chat)

Siap ya untuk bertugas?
Siapa yang siap bertugas minggu ini, silakan tulis di kolom chat komentar ya. atau DM ke WA pendamping.

Caranya adalah:
Saya (NAMA) siap bertugas! 
Pakai Wiruk Dupa karena . . . .





Tidak ada komentar:

Posting Komentar