Minggu, 19 Februari 2023

BAGI MANUSIA ADA YANG MUSTAHIL, BAGI TUHAN TIDAK

Puncta 20.02.23
Senin Biasa VII
Markus 9: 14-29

TIDAK ADA YANG MUSTAHIL
GEMPA besar melanda di Turki hari Senin, 6 Februari 2023. 
Kerusakan parah terjadi di mana-mana. Korban jiwa terus bertambah mencapai puluhan ribu. 

Para relawan terus berjuang menyelamatkan korban. Walau kesempatan makin hari makin tipis, tetapi petugas berhasil menyelamatkan seorang bayi berusia 7 bulan yang sudah tertimbun reruntuhan berhari- hari. 

Ajaib dan tak bisa dipercaya bahwa bayi itu masih hidup dan selamat. Ia ditemukan pada hari Minggu pagi.

Bayi bernama Hamzah itu diselamatkan dari puing-puing di Propinsi Hatay. Semua warga tak percaya bahwa Hamzah masih bertahan dalam cuaca dingin, pengap dan tak bisa bergerak. 

Mereka bersorak kegirangan membopong bayi Hamzah. Takbir bersahut-sahutan memuji kebesaran Tuhan, Allahu Akbar...Allahu Akbar...!

Tak ada yang mustahil bagi Tuhan. Mungkin manusia sudah putus asa dan tak mungkin ada harapan untuk hidup dalam situasi sangat sulit di tengah bencana seperti di Turki. 

Tetapi Tuhan mempunyai rencana yang tak bisa diduga oleh manusia. Bagi Tuhan segala sesuatu bisa terjadi. Dia Mahakuasa, Maha Pengasih dan Maha Segalanya.

Dalam bacaan Injil hari ini pengalaman luar biasa juga dirasakan oleh seorang bapak yang anaknya kerasukan roh jahat. “Setiap kali roh itu menyerang, anakku dibantingnya ke tanah. lalu mulutnya berbusa, giginya bekertakan, dan tubuhnya menjadi kejang.”

Para murid sudah diminta untuk menyembuhkannya. Tetapi mereka tidak berhasil. Maka bapak itu datang kepada Yesus dengan harapan anaknya sembuh. Dia dengan setengah hati berkata, “Jika Engkau dapat berbuat sesuatu, tolonglah dan kasihanilah kami!”

Yesus menuntut totalitas iman. Jangan beriman setengah-setengah. Dia berkata, “Tidak ada yang mustahil bagi orang percaya.” 

Dengan kuasa ilahi-Nya, Yesus mengusir roh jahat dari anak itu dan sembuhlah dia. Percaya tanpa syarat itulah yang diminta oleh Yesus. dengan percaya, apa pun bisa terjadi.

Para murid mempertanyakan hal itu kepada Yesus, “Mengapa kami tidak dapat mengusir roh itu?” Selain dengan iman, Yesus menambahkan doa agar bisa mengalahkan roh jahat. 

Beriman dan berdoa adalah kekuatan besar mengalahkan roh-roh jahat. 
Jika kita sungguh beriman dan dikuatkan dengan doa-doa yang tekun, maka keajaiban-keajaiban Tuhan akan terjadi dalam diri kita. 

Tidak ada yang mustahil bagi Tuhan. Yesus mengajak kita untuk terus percaya. Kepercayaan itulah yang akan menumbuhkan pengharapan, bahwa di dalam Tuhan segalanya mungkin.

Sungguhkah anda percaya bahwa Tuhan bisa membuat hal yang tidak mungkin menurut pikiran kita bisa menjadi mungkin karena kehendak-Nya? 
Percayalah selalu berharap pada Tuhan tidak pernah akan sia-sia.

Berenang di Laut Mati airnya terasa asin,
Badan terapung seperti orang yang mati.

Tuhan bisa membuat segalanya mungkin,
Doa dan iman kitalah yang harus dihidupi.

Cawas, membaca jurnal....
Rm. A. Joko Purwanto, Pr


Tidak ada komentar:

Posting Komentar