Jumat, 21 Desember 2018

ARTI & MAKNA GEREJA



 Image result for gereja
1.      Arti dan Makna Gereja
Gereja Katolik adalah Gereja yang benar, yang didirikan oleh Yesus Kristus, yang para anggotanya saling dipersatukan dalam ikatan persekutuan rohani: setia kepada Paus serta para uskup yang bersatu dengannya, satu dalam iman dan kepercayaan, satu dalam perayaan ibadat. Gereja merupakan misteri, sakramen keselamatan dan Umat Allah yang dalam perjalanan ziarah bersama menuju kehidupan kekal.

Kata Gereja berasal dari bahasa Portugis: Igreja, yang berasal juga dari bahasa Yunani: εκκλησία (ekklêsia) yang berarti dipanggil keluar (ek= keluar; klesia dari kata kaleo= memanggil); kumpulan orang yang dipanggil ke luar dari dunia) memiliki beberapa arti:

Arti pertama ialah 'umat' atau lebih tepat persekutuan orang Kristen. Kata Kristen itu berasalah dari bahasa Inggris “Christian” yaitu orang/ individu yang percaya dan yakin bahwa Kristus adalah Putra Allah yang Maha Tinggi untuk melakukan penebusan dosa-dosa manusia serta untuk meluruskan jalan manusia supaya tidak jatuh ke dalam pencobaan.
Arti ini diterima sebagai arti pertama bagi orang Kristen. Jadi, gereja pertama-tama bukanlah sebuah gedung. Gereja (untuk arti yang pertama) terbentuk 50 hari setelah kebangkitan Yesus Kristus pada hari raya Pentakosta, yaitu ketika Roh Kudus turun di atas para rasul (murid Yesus) yang sedang berkumpul seperti yang dijanjikan Allah, diberikan kepada semua yang percaya pada Yesus Kristus.
Image result for kumpulan orang katolik karikatur
Jadi gereja di sini diartikan sebagai manusianya bukan tempat ibadah bagi umat Kristen. Sedang tempat untuk beribadahnya adalah gedung gereja. Namun sekarang ini masyarakat lebih mengenal gereja sebagai tempat beribadah bagi umat kristen. Apakah pendapat yang seperti ini salah? Tidak sama sekali, namun perlu diberikan pengertian kepada umat bahwa arti kata gereja itu yang sebenarnya adalah suatu persekutuan umat beriman/ percaya kepada Yesus.
Kadang-kadang saat misa, Pastor mengatakan; “Kita, gereja hari ini memperingati Kelahiran Yesus Kristus . . . “ Hal ini berarti bahwa, gereja itu adalah kita.

Pemahaman tentang Gereja juga bisa dilihat dalam arti rohani dan arti fisik. Berdasarkan artinya itu, maka Gereja adalah:
a.       Arti Rohani:
Umat yang dipanggil Tuhan
Persekutuan semua orang di seluruh dunia yang percaya akan Yesus Kristus itu Putra Allah dan satu-satunya Penyelamat kita.
Himpunan yang didalamnya terdapat Umat Allah, Tubuh Kristus dan Bait Roh Kudus ( bdk 1 Kor 10:32, 11:17-22, 15:9 ).
Himpunan orang-orang yang digerakan untuk berkumpul oleh Firman Allah, yakni berhimpun bersama untuk membentuk Umat Allah dan yang diberi santapan dengan Tubuh Kristus menjadi Tubuh Kristus.

b.      Arti Fisik; 
Bangunan tempat ibadah persekutuan Umat yang beriman kepada Kristus.
Bagi Paulus, Gereja adalah jemaat setempat namun juga mempunyai arti universal. Karena itu, di dalam jemaat setempat terwujudlah Gereja Allah. Dalam pemahaman gereja Paulus, orang tidak pergi ke Gereja untuk beribadat. Perayaan bersama adalah Gereja, oleh karena perayaan itu tidak lain dari pada “berkumpul sebagai jemaat” orang tidak berkumpul untuk ibadah atau untuk taurat. Hidup jemaat dalam kondisi persaudaraan yang bertujuan untuk komunikasi iman, saling meneguhkan dan menguatkan iman.

2.      Sejarah Singkat Tentang Gereja (khususnya Indonesia)
Sejarah Gereja Katolik meliputi rentang waktu selama hampir dua ribu tahun. Sejarah Gereja Katolik merupakan bagian integral Sejarah kekristenan secara keseluruhan. Istilah Gereja Katolik yang digunakan secara khusus untuk menyebut Gereja yang didirikan di Yerusalem oleh Yesus dari Nazaret (sekitar tahun 33 Masehi) dan dipimpin oleh suatu suksesi apostolik yang berkesinambungan melalui Santo Petrus Rasul Kristus, dikepalai oleh Uskup Roma sebagai pengganti St. Petrus, yang kini umum dikenal dengan sebutanPaus.
"Gereja Katolik" diketahui pertama kali digunakan dalam surat dari Ignatius dari Antiokhia pada tahun 107, yang menulis bahwa: "Di mana ada uskup, hendaknya umat hadir di situ, sama seperti di mana ada Yesus Kristus, Gereja Katolik hadir di situ."
Sejarah perkembangan Gereja dibagi menjadi 4 tahap antara lain:
Masa Yesus: kehadiran Yesus di dunia adalah sebagai awal lahirnya Gereja. Perkembangan gereja pada masa ini tampak dari percakapan Yesus dan Petrus: "Sebab itu ketahuilah, engkau Petrus, batu kuat. Dan di atas alas batu inilah aku akan membangun gereja-Ku yang tidak dapat dikalahkan: sekalipun oleh maut!" ( bdk Mat 16:18).

Masa Para Rasul: Perkembangan gereja pada masa ini sampai pada tahap mendirikan perkumpulan Jemaat Perdana yang juga disebut Gereja Perdana. Mereka selalu bertekun pada ajaran para Rasul, berkumpul, berdoa, dan memecahkan roti bersama. Mereka menganggap segala kepunyaan mereka adalah kepunyaan bersama. Mereka juga membagikan harta sesuai dengan keperluan. Yang paling berperan di masa ini adalah St. Petrus. Setelah Yesus wafat, Petrus menjadi sosok yang beriman dan pemberani.

Masa Sesudah Para Rasul: Masa ini Gereja sudah berpusat di Roma, tempat wafatnya St.Petrus. Pemimpin gereja yang pertama adalah St.Petrus. Penerus St. Petrus disebut "Uskup Roma" atau "Paus".

Masa Sekarang (di Indonesia):Sejarah Gereja Katolik di Indonesia berawal dari kedatangan bangsa Portugis ke kepulauan Maluku. Orang pertama yang menjadi Katolik adalah orang Maluku, Kolano (kepala kampung) Mamuya (sekarang di Maluku Utara) yang dibaptis bersama seluruh warga kampungnya pada tahun 1534 setelah menerima pemberitaan Injil dari Gonzalo Veloso, seorang saudagar Portugis.
Salah satu pendatang di Indonesia itu adalah Santo Fransiskus Xaverius, yang pada tahun 1546 sampai 1547 datang mengunjungi pulau Ambon, Saparua dan Ternate. Ia juga membaptis beberapa ribu penduduk setempat.

Baca juga Beberapa era sejarah Katolik yang ada diIndonesia sebagai berikut, semoga bermanfaat bagi kita semua.
Jadi menurut arti yang benar sesuai dengan penjelasan di atas, kita menjadi tahu ya ternyata gereja itu adalah kita sedang tempat untuk beribadah kita yang sering kita kunjungi setiap Minggu untuk melaksanakan misa itu adalah gedung gereja.
Sumber : http://materipaksmk.blogspot.com/2013/09/arti-makna-gereja.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar